Biologi

Biologi atau Ilmu hayat adalah Ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Istilah "biologi" diambil dari bahasa Belanda, yaitu biologie, yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, βίος, bios yang berarti hidup dan λόγος,logos yang berarti lambang atau ilmu. Istilah "ilmu hayat" diambil dari bahasa Arab, yang juga memiliki arti "ilmu kehidupan". Obyek kajian biologi pada masa kini sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup dalam berbagai aspek kehidupannya.

Sabtu, 03 Desember 2011

Pengaruh Perubahan pH Terhadap Kecepatan Pernapasan Ikan

Pengaruh Perubahan pH Terhadap Kecepatan
Pernapasan Ikan


Tujuan : Mengamati pengaruh perubahan pH terhadap kecepatan pernapasan ikan
Alat dan Bahan :

1. Stoples
2. Indikator universal 7
3. Gelas ukur
4. Pencatat waktu
5. Ikan
6. Asam cuka


7. Air
 

1. CARA KERJA:
1. Buatlah sebuah hipotesis tentang pengaruh perubahan pH terhadap membuka dan menutupnya tutup insang pada ikan saat bernapas selama satu menit. Uji hipotesis yang telah kalian buat dengan melakukan langkah berikut.
2. Masukkan seekor ikan kedalam toples yang sebelumnya sudah diisi air, biarkan sekitar dua menit. Hitung banyak gerakan membuka dan menutupnya tutup insang ikan tersebut saat bernapas selama satu menit.
3. Secara perlahan-lahan, masukkan 2 ml asam cuka ke dalam stoples yang berisi ikan tadi. Catat pH air tersebut. Hitung banyak gerakan membuka dan menutupnya tutup insang selama satu menit (seperti langkah dua).
4. Dengan cara yang sama, tuangkan 4 ml asam cuka ke dalam stoples percobaan. Catat pH air dalam stoples dan lakukan seperti langkah 2 dan 3.

2. PERTANYAAN
1. Apakah percobaan kalian itu mendukung hipotesis yang telah dibuat?
2. Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil kegiatan tersebut!
 

3. RUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang kami hadapi dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Apakah perubahan pH pada air yang dapat dilakukan dengan cara penambahan cairan asam cuka atau pengurangan pH pada air dapat mempengaruhi pernapasan pada ikan?
2. Dapatkah ikan hidup pada air yang pHnya terlalu tinggi atau terlalu rendah?

4. HIPOTESIS
Perbedaan kadar pH pada air akan mempengaruhi kecepatan pernapasan pada ikan.

5. HASIL PENGAMATAN

No Tahap Percobaan Asam Cuka pH Kecepatan Pernapasan
1. Tahap pertama 0 ml 6 139/menit
2. Tahap kedua 2 ml 6 146/menit
3. Tahap ketiga 4 ml 5 120/menit

6. JAWABAN PERTANYAAN


1. Berdasarkan percobaan yang kami lakukan, ternyata jika dibandingkan hasil percobaan dengan hipotesis kami, hasil percobaannya sangat mendukung karena kami membuat hipotesis bahwa “Perbedaan kadar pH pada air akan mempengaruhi kecepatan pernapasan pada ikan” sangat didukung oleh hasil percobaan yang menunjukkan perbedaan kecepatan pernapasan ikan jika airnya ditambahi dengan larutan asam cuka dengan bukti saat ikan bernapas pada keadaan air biasa, kecepatan pernapasannya biasa yaitu 139/menit. Setelah diberi 2 ml larutan asam cuka, kecepannya jadi bertambah menjadi 146/menit karena ikan menanggapi keadaan lingkungannya yang makin kekurangan O2 dengan bernapas semakin kencang untuk mendapatkan O2 yang lebih banyak tapi pada saat diberi larutan asam cuka sebanyak 4 ml, ikan telah menjadi lemah karena ikan tersebut sedikit mendapatkan O2 sehingga kecepatan pernapasannya menurun menjadi 120/menit..


2. Kesimpulan yang dapat kami ambil dari penjelasan di atas adalah perubahan pH pada air akan mempengaruhi kecepatan pernapasan ikan. Ikan tidak akan bisa hidup pada pH yang terlalu tinggi atau rendah.












Sumber: bio-experiment.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar