Biologi

Biologi atau Ilmu hayat adalah Ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Istilah "biologi" diambil dari bahasa Belanda, yaitu biologie, yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, βίος, bios yang berarti hidup dan λόγος,logos yang berarti lambang atau ilmu. Istilah "ilmu hayat" diambil dari bahasa Arab, yang juga memiliki arti "ilmu kehidupan". Obyek kajian biologi pada masa kini sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup dalam berbagai aspek kehidupannya.

Sabtu, 29 Oktober 2011

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km pada lokasi geografis 5°23’ - 5°40’ LS, 106°25’ - 106°37’ BT sebelah utara Jakarta terdiri atas 110 buah pulau. 68 buah pulau berupa pulau kecil berpasir putih dan gosong-gosong karang terdiri dari 54 jenis karang keras/lunak, 20 buah yang telah dikembangkan sebagai pulau wisata, 6 buah pulau yang dihuni penduduk dan 6 dikuasai perorangan atau badan usaha berikut terdiri 17 jenis burung, 350 jenis ikan karang, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 101 jenis moluska, 237 jenis terumbu karang, dan 6 jenis rumput laut.
Pulau Untung Jawa merupakan pulau berpenghuni yang paling selatan atau paling dekat dengan Jakarta berjarak 37 mil laut sedangkan kawasan pulau paling utara adalah Pulau Dua Barat yang berjarak sekitar 70 mil laut dari Jakarta.


Taman Nasional Kepulauan Seribu
—  Kawasan  —
Peta Taman Nasional Kepulauan Seribu
Taman Nasional Kepulauan Seribu terletak di Indonesia

Cuaca

Musim hujan biasanya terjadi antara bulan Nopember-April sedangkan curah hujan terbesar terjadi pada sekitar bulan Januari dan terkecil terjadi pada bulan Agustus, dalam musim kemarau acap kali bisa juga terjadi hujan dengan jumlah hari hujan antara 4-10 hari perbulan.

Batimetri

Kedalaman perairan di Kepulauan Seribu sangat bervariasi, dimana beberapa lokasi mencatat kedalaman hingga lebih dari 70 meter, seperti lokasi antara Pulau Gosong Congkak dan Pulau Semak Daun pada posisi 106°35’00” BT dan 05°43’08” LS dengan kedalaman 75 meter. Setiap pulau umumnya dikelilingi oleh paparan pulau yang cukup luas (island shelf) hingga 20 kali lebih luas dari pulau yang bersangkutan dengan kedalaman kurang dari 5 meter. Hampir setiap pulau juga memiliki daerah rataan karang yang cukup luas (reef flat) dengan kedalaman bervariasi dari 50 cm pada pasang terendah hingga 1 meter pada jarak 60 meter hingga 80 meter dari garis pantai. Dasar rataan karang merupakan variasi antara pasir, karang mati, sampai karang batu hidup. Di dasar laut, tepi rataan karang yang sering diikuti oleh daerah tubir dengan kemiringan curam hingga mencapai 70° dan mencapai dasar laut dengan kedalaman bervariasi dari 10 meter hingga 75 meter.

Zonasi

Taman Nasional Kepulauan Seribu terdiri dari 4 daerah zonasi yakni daerah zona inti seluas 4.449 hektar merupakan bagian kawasan taman nasional yang mutlak dilindungi dan tidak diperbolehkan adanya perubahan apapun oleh aktivitas manusia, daerah zona perlindungan seluas 26.284,50 hektar merupakan bagian kawasan taman nasional yang berfungsi sebagai penyangga zona inti, daerah zona pemanfaatan bagi kegiatan pariwisata seluas 59.634,50 hektar merupakan bagian kawasan yang dijadikan sebagai pusat rekreasi dan kunjungan wisata, dan daerah zona pemukiman seluas 17.121 hektar diperuntukan sebagai tempat hunian atau perumahan penduduk setempat. Zonasi ini lebih dikenal dengan zona Kepulauan Seribu Utara terdiri dari 79 buah pulau dan Kepulauan Seribu Selatan terdiri dari 31 buah pulau

Kepulauan Seribu

Penangkaran penyu

Benthik


Sumber: Wikipedia

Galeri

Flora
P Morc D1252.JPG
Mengkudu
Casuarina equesitifolia tree.jpg
Cemara
laut
Starr 010309-0546 Calophyllum inophyllum.jpg
Nyamplung
KetapangGreenLeaves.jpg
Ketapang
Barringtonia acutangula (Freshwater Mangrove) in Hyderabad W IMG 8323.jpg
Butun atau
Putat Laut
1859-Martinique.web.jpg
Kelapa
Cerbera manghas.jpg
Bintaro
Pandan laut.JPG
Pandan
laut
Waru.JPG
Waru
Laurencia.jpg
Alga merah
Halodulesp.jpg
Rumput
laut
Floridian seagrass bed.jpg
Rumput laut
Lamun
Caulerpa prolifera.JPG
Alga hijau

Fauna
Varanus Salvator ID.jpg
Biawak Air
Hawksbill Turtle.jpg
Penyu sisik
Hawaii turtle 2.JPG
Penyu hijau
Loggerhead sea turtle.jpg
penyu Tempayan
Lepidochelys olivacea.jpg
penyu Lekang
Brahminy kite2.jpg
Elang Bondol
Anhinga in tree.jpg
Burung pecuk ular
Glossy Ibis (Plegadis falcinellus) at Bharatpur I IMG 5384.jpg
Burung roko-roko
Paddletail melb aquarium.jpg
Kakap merah
Katsuw pelam 100708-5573 plrtu.JPG
Cakalang
Sccom u0.gif
Tenggiri
Humphead wrasse melb aquarium.jpg
Humphead wrasse
atau
Napoleon wrasse
  Siganus corallinus.jpg
Baronang
Bep chaetodon octofasciatus.jpg
Kepe-Kepe
                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar